Profil Organisasi

Seiring dengan momentum 100 tahun hari kebangkitan nasional dan 100 tahun kiprah dokter, mahasiswa kedokteran sebagai komunitas yang berperan sebagai agent of treatment atau pelaku pengobatan, dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas dan perannya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. Berawal dari peran tersebut, Pada tanggal 10-10-1992, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. DR. Junus Alkatiri meresmikan Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dengan Rohmat Yasin sebagai Ketua pertama. Semenjak didirikan TBM FK Unhas bertujuan untuk menyediakan tenaga medis bagi mahasiswa dan kelompok-kelompok pencinta alam dalam melakukan kegiatan–kegiatannya

Pada tahun 1995, dengan dukungan pimpinan Fakultas Kedokteran Unhas pada saat itu dr. Farid Husain, Sp.B selaku Pembantu Dekan III (Bagian Kemahasiswaan) FK Unhas, TBM FK Unhas mengirimkan 4 utusan dalam kegiatan JAMNAS III TBM se-Indonesia di Bandung.

Pendidikan dan Latihan I, atas dukungan Prof. Dr.dr. Muh. Farid Sp.A(K). selaku Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, diikuti oleh 50 orang peserta dan dirangkaikan dengan Musyawarah Besar I pada tahun 1997, dilaksanakan untuk mempersiapkan pelaksanaan Munas II dan JAMNAS V TBM se-Indonesia yang akhirnya dapat terlaksana pada tahun 1998.

Pada saat MUBES II nama TBM FK Unhas diganti menjadi Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (TBM Calcaneus FK Unhas). kemudian selanjutnya secara rutin, MUBES dan DIKDAS dilaksanakan setiap tahunnya Seiring dengan perkembangn organisasi, orientasi yang pada mulanya menitikberatkan pada kegiatan kepecintaalaman, kemudian lebih diarahkan kepada pendidikan dan pelatihan untuk pelayanan kegawatdaruratan medis dan sosial kemanusiaan dengan tetap mempertahankan tradisi kepecintaalaman.

About the Author