Munas Jamnas 2011

Sehubungan dengan program kerja PTBMMKI, TBM Calcaneus FK Unhas mengirimkan delegasinya yaitu Rismawati (TC), Muh.Syahrimal Ishak, Aznamry, Dian Faradibah (assmin), Riskawaty Salim (assdok)  dan Akhmad Muhajir (asslog) untuk mengikuti Musyawarah Nasional IX Jambore Nasional XV. Sebelum keberangkatan, delegasi diberikan pembekalan yang diwadahi oleh Divisi Diklat dengan pemateri kak Ulil, kak Faqi, kak Adin, kak Cipto, kak Ibon, kak Windy, kak Iting, kak Harlan. Materi yang diberikan berupa materi tali temali, IA BLS, Resusitasi Cairan, Manajemen Disaster, Navigasi Darat, anamnesis pemfis. Selain materi, ada juga praktikum yaitu tali temali, navigasi darat, balut bidai, rappeling & evakuasi medis perairan. Selama seminggu, delegasi binjas sebanyak dua kali. Selain itu, delegasi juga melakukan diskusi degan seluruh divisi dan dengan delegasi-delegasi sebelumnya seperti kak Indi, kak Amri, kak Andini, kak Harlan & kak Andis.

Delegasi memulai packing pada tanggal 21 Juli 2011 pada pukul 15.00. Tepat pukul 15.35 delegasi berangkat menuju ke bandara Sultan Hasanuddin setelah dilepas oleh BP. Delegasi berangkat dengan menggunakan dua mobil dan ditemani oleh beberapa BP dan DT. Pukul 16.10 delegasi tiba di bandara dan langsung check in karena pesawat akan take off pada pukul 16.20. Namun, beberapa menit sebelum take off, ternyata pesawat Lion air yang akan ditumpangi mengalami penundaan (delay) hingga pukul 18.15. Rombongan lalu menuju ke salah satu tempat makan untuk mengisi waktu sambil bersenda gurau. Setelah pamit, pukul 17.55 delegasi masuk kembali dan tepat pukul 18.20 pesawat take off. Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam 10 menit, pesawat landing di Bandara Ngurah Rai Bali. Cukup lama delegasi menunggu untuk pengambilan barang. Setelah selesai mengambil barang, pukul 20.20 delegasi bertemu dengan panitia Munas Jamnas lalu berangkat menuju ke penginapan. Pada pukul 21.20 delegasi tiba di penginapan yang disarankan oleh panitia. Delegasi memesan dua kamar masing-masing untuk 3 orang, kemudian memasukkan barang-barang, lalu mencari makan malam di luar. Tempat makan bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena lokasinya tidak jauh dari penginapan. Pukul 22.30 delegasi kembali ke penginapan untuk mandi dan beristirahat sejenak. Pukul 00.05 delegasi briefing untuk membicarakan hal apa yang akan dilakukan esok hari. Pukul 01.00 delegasi kembali ke kamar masing-masing untuk tidur.

Pada tanggal 22 Juli 2011 pukul 06.10 delegasi bersiap-siap untuk memulai kegiatan. Delegasi mandi & sarapan di penginapan. Pukul 07.30  delegasi berangkat dengan menggunakan mobil penginapan ke tempat kegiatan yang bertempat di RS BaliMed dan tiba pada pukul 07.50. Delegasi lalu diantar panitia menuju ruangan seminar, tetapi sebelumnya delegasi melakukan registrasi. Pukul 09.30 seminar dimulai dengan sambutan-sambutan dan  pembukaan dengan tarian khas Bali. Pukul 10.07 materi seminar I dimulai dan berakhir pukul 11.00. Dilanjutkan materi seminar II dan berakhir pada pukul 11.42.

Lalu dilanjutkan kembali dengan materi seminar III. Berhubung karena seminar hari itu adalah hari jumat, maka beberapa delegasi Calcaneus dengan delegasi dari TBM lain meninggalkan tempat seminar sebelum waktu ishoma untuk melaksanakan sholat Jumat. Materi seminar III berakhir pada pukul 12.40. Setelah itu, delegasi Calcaneus yang lain dengan delegasi dari TBM lain menyusul ke masjid untuk sholat. Pukul 13.30 delegasi kembali ke tempat seminar lalu dilanjutkan materi seminar IV dan berakhir pukul 14.20. dengan berakhirnya materi IV, maka berakhir pula acara seminar.

Pada pukul 14.25 seluruh delegasi diberi kesempatan untuk makan siang. Pukul 14.45 seluruh delegasi menuju ke penginapan yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu Hotel Pura Kedaton dan tiba di penginapan tersebut pukul 15.4. Lalu setiap TBM melakukan registrasi ulang dengan mengumpulkan barang-barang tim kepada panitia. Setelah selesai, TC melakukan briefing dengan anggota delegasi yang lainnya selama 10 menit dan pukul 16.35 delegasi beristirahat dan bersiap-siap untuk opening ceremony yang akan dilaksanakan malam harinya.

Pukul 18.20, seluruh delegasi telah siap dan berangkat ke tempat opening ceremony yaitu di Werdha Pura. Tiba di tempat kegiatan, seluruh delegasi disambut oleh panitia dan dipasangkan bunga pada masing-masing telinganya. Setelah itu, delegasi mengambil kue lalu duduk, sambil menunggu acara opening ceremony dimulai. Pukul 19.35 opening ceremony dimulai dengan sambutan-sambutan, menyanyikan lagu dan tarian-tarian. Pukul 20.35 seluruh delegasi dipersilakan untuk makan malam dan dihibur dengan beberapa penampilan dari panitia dan delegasi. Pada saat ini pula delegasi menggunakan kesempatan untuk berbaur dengan delegasi lain. Pukul 21.45 MC mempersilakan para TBM untuk memperkenalkan delegasinya masing-masing. Setelah perkenalan, acara ditutup dengan foto bersama dengan semua delegasi. Pukul 22.45 delegasi kembali ke penginapan dengan menggunakan mobil panitia dan pukul 23.15 tiba di penginapan. Pukul 23.25 dilakukan briefing sambil packing profil set yang akan diberikan kepada TBM lain sebagai kenang-kenangan. Lalu pada pukul 00.20 delegasi beristirahat.

Pada tanggal 23 Juli 2011 seluruh delegasi bersiap-siap untuk memulai kegiatan.  Pukul 06.50 delegasi sarapan dengan makanan yang telah disiapkan oleh panitia. Pada pukul 07.25 seluruh delegasi berangkat ke tempat Munas yang berlokasi di Balai Keuangan Negara dengan menggunakan bus dan tiba pada pukul 07.50. Sebelum masuk, delegasi registrasi terlebih dahulu. Pada pukul 08.35 pembukaan Munas dengan agenda pertama yaitu pembahasan & pengesahan agenda acara & tata tertib yang dipimpin oleh presidium sementara karena presidium tahun lalu tidak bisa hadir. Setelah agenda acara & tata tertib disepakati, pada pukul 10.30 lanjut ke agenda berikutnya yaitu pemilihan presidium sidang. Masing-masing TBM berhak mengajukan calon presidium dari TBM nya sendiri atau dari TBM lain. TBM Calcaneus mengajukan delegasinya yaitu Akhmad Muhajir. Pemilihan calon presidium menggunakan sistem voting. Setelah voting, akhirnya terpilihlah Herlambang dari TBM Allert, Bintoro dari TBM Vertex & Sumi dari TBM Maladica. Pukul 10.55 dilakukan pembacaan LPJ ketua & korwil dipimpin oleh presidium yang baru. Kak Jimmy selaku ketua membacakan laporan kerjanya selama satu periode, begitu pula dengan korwil dari tiap-tiap wilayah. Pukul 13.00 sidang dipending untuk ishoma. Pukul 13.50 sidang dilanjutkan kembali dengan mendengar pandangan umum dari delegasi tentang laporan kerja ketua & korwil. Lalu pada pukul 14.45 delegasi diberi kesempatan untuk mengevaluasi bagaimana kerja ketua & korwil selama satu periode kepengurusannya. Pukul 15.40 sidang kembali dipending untuk coffee break.

Pukul 16.40 sidang dilanjutkan dengan agenda pengesahan anggota tetap dan pembahasan Anggaran Dasar pada pukul 17.25. Pukul 18.35 sidang dipending untuk ishoma. Pukul 19.35 lanjut pembahasan Anggaran Dasar (AD) sekaligus pembahasan Anggaran Rumah Tangga (ART) hingga pukul 22.30. Pembahasan ART membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan pembahasan AD, hal ini karena jumlah pasal dalam ART memang lebih banyak. Dalam pembahasan AD & ART, tidak semua TBM aktif membahasnya, bahkan ada beberapa TBM yang terlihat cuek. Padahal AD & ART inilah yang akan menentukan bagaimana PTBMMKI ke depannya. Setelah pembahasan ART selesai yaitu pukul 00.45, seluruh delegasi kembali ke penginapan dengan menggunakan mobil panitia. Pukul 01.30 delegasi tiba di penginapan dan langsung melakukan briefing. Setelah 20 menit briefing, delegasi kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Pada tanggal 24 Juli 2011 sama seperti kemarin seluruh delegasi bersiap-siap untuk memulai kegiatan. Pukul 07.15 delegasi sarapan & pukul 07.35 delegasi berangkat ke tempat Munas dengan menggunakan bus. Tiba di tempat kegiatan pukul 08.00, delegasi melakukan registrasi lalu duduk di tempat yang telah disediakan seperti kemarin. Pukul 08.30 dilakukan pembagian sidang komisi, di mana sidang komisi ini terbagi menjadi 3 komisi yaitu komisi GBHO, komisi kurikulum, & komisi sistem koordinasi dengan kesepakatan tiap pembagian delegasi tergantung pada TBM masing-masing. Sidang komisi dimulai pada pukul 09.45. TBM Calcaneus membagi delegasinya masing-masing 2 orang tiap komisi, yaitu Muh.Syahrimal Ishak & Akhmad Muhajir di komisi GBHO, Rismawati & Dian Faradibah di komisi kurikulum, Aznamry & Riskawaty Salim di sistem koordinasi. Pukul 11.45 sidang komisi selesai. Panitia mempersiapkan ruangan untuk sidang pleno. Setelah ruangan siap, pukul 12.20 dilakukanlah sidang pleno untuk membahas hasil kesepakatan pada sidang komisi. Pukul 13.30 sidang pleno membahas komisi selesai, lalu sidang dipending untuk ishoma. Pukul 14.30 sidang dilanjutkan dengan agenda pembahasan rekomendasi.  Pukul 16.00 pembahasan rekomendasi selesai & sidang dipending kembali untuk coffee break & sholat.

Pukul 16.45 sidang  dilanjutkan dengan agenda penetapan mekanisme pemilihan ketua, korwil & tuan rumah. Pukul 17.10 dilakukan pemilihan ketua umum. Terdapat 3 nama yang dicalonkan untuk menjadi ketua PTBMMKI periode ini. Mereka adalah M. Budiman (TBM Avicenna), Muh. Syahrimal Ishak (TBM Calcaneus), & Cita Budiarti (TBM Vertex). Ketika ditanya kesediaannya, ketiga calon sama-sama tidak bersedia menjadi ketua. Oleh karena itu dilakukanlah lobby. Setelah lobby selama 15 menit, sidang pemilihan  ketua kembali dilanjutkan. Dan lobby ternyata membuahkan hasil. M.Budiman satu-satunya calon yang bersedia, sehingga M.Budiman langsung terpilih menjadi ketua PTBMMKI selama satu periode ke depan. Pu kul 18.35 sidang kembali dipending untuk ishoma. Setelah ishoma sidang dilanjutkan dengan agenda pemilihan korwil pada pukul 19.40. Masing-masing wilayah rapat dan membahas siapa yang akan menjadi korwil tiap wilayahnya. Setelah 1 jam 10 menit, tiap wilayah telah menyepakati korwil masing-masing. Koordinator wilayah I yaitu  Faimmatul syuhada (HET), koordinator wilayah II yaitu Silminati Nur Sa’adah (TBMT), koordinator wilayah III yaitu  Eka Yoga Wiratama (Alerrt), koordinator wilayah IV yaitu Muhammad Cholis Hidayat (Lakesma), & koordinator wilayah V yaitu Muh. Syahrimal Ishak (TBM Calcaneus). Agenda berikutnya yaitu presentasi tuan rumah PTBMMKI tahun depan. Presentasi itu dipimpin oleh delegasi dari TBM Panacea UGM Jogjakarta. Selain presentasi, dilakukan pula tanya jawab. Mereka diberi pertanyaan, apa yang akan mereka sajikan untuk Munas Jamnas berikunya, bagaimana persiapan mereka dan sebagainya. Pukul 21.45 dilakukan serah terima jabatan dari ketua PTBMMKI yang lama ke PTBMMKI yang baru. Pukul 22.05 Munas selesai & diakhiri dengan berfoto bersama & coffee break. Pukul 23.10 delegasi kembali ke penginapan dengan menggunakan mobil panitia. Pukul 23.25 delegasi tiba di penginapan dan langsung beristirahat.

Pada tanggal 25 Juli 2011 pukul 06.15 seluruh delegasi bersiap-siap untuk memulai kegiatan.  Pukul 07.20 delegasi sarapan dengan makanan yang telah disiapkan oleh panitia. Pukul 08.00 seluruh delegasi berangkat ke kampus Udayana tempat dilakukannnya pra jamnas. Tiba di kampus Udayana pukul 08.20, delegasi lalu diarahkan ke gedung tempat pemberian materi pra jamnas. Pukul 08.45 materi pra Jamnas dimulai dengan judul “Initial Assessment & Management Trauma” yang dibawakan oleh Dr.Kuning. Pukul 09.15 materi selesai & dilanjutkan dengan skill lab. Seluruh delegasi dibagi menjadi 3 kelompok. Skill lab terdiri dari 3 materi dengan sistem rolling. Setelah skill lab selesai, pukul 13.30 delegasi diberi kesempatan untuk ishoma & persiapan untuk baksos. Pukul 14.40 delegasi berangkat ke tempat baksos yaitu Pantai Kuta dengan menggunakan bus sampai di tempat pengambilan angkot, lalu naik mobil angkot untuk bisa sampai di Pantai Kuta. Setibanya di Pantai kuta, delegasi lalu diberikan pengarahan oleh panitia tentang apa yang akan dilakukan pada baksos ini. Baksos kali ini ada 2 kegiatan, yaitu pembersihan pantai & pelepasan tukik. Untuk kegiatan pembersihan pantai, delegasi dibagi menjadi 18 kelompok & masing-masing kelompok harus membersihkan tempat yang telah ditentukan oleh panitia. Setelah itu, dilakukan pelepasan tukik oleh delegasi & panitia. Saat ini pula dimanfaatkan untuk berfoto bersama oleh seluruh delegasi.

Pukul 19.00 baksos selesai & delegasi kembali di tempat pengambilan angkot. Di sana delegasi diberi kesempatan untuk istirahat & sholat. Lalu pada pukul 20.30, delegasi kembali ke penginapan dengan menggunakan bus. Pukul 21.05 delegasi tiba di penginapan & langsung makan malam. Berhubung karena besok kegiatan Jamnas akan dimulai & delegasi tidak akan tinggal lagi di hotel, maka panitia menyarankan agar barang-barang yang tidak digunakan pada saat Jamnas dititipkan pada panitia. Oleh karena itu, setelah makan, delegasi memisahkan barang-barang yang akan dibawa Jamnas & barang-barang yang akan dititip pada panitia. Lalu pukul 23.00 barang-barang yang akan dititipkan, dikumpulkan ke panitia. Pukul 23.00 seluruh delegasi beristirahat.

Pada tanggal 26 Juli 2011 pukul 06.00 delegasi bersiap-siap untuk memulai kegiatan. Pukul 07.10 delegasi sarapan. Cuaca hari itu tidak begitu bagus, karena hujan turun namun tak begitu deras. Oleh karena itu, keberangkatan menuju ke tempat Jamnas jadi tertunda. Baru pada pukul 09.00 ketika hujan reda, seluruh delegasi & panitia berangkat ke tempat Jamnas yang berlokasi di Bendungan Palasari. Lokasi tersebut ditempuh dalam waktu 3 jam. Sesampainya di sana yaitu pukul 12.00, delegasi diberikan pengarahan oleh panitia. Pukul 12.30 seluruh delegasi yang telah dibagi menjadi 8 kelompok mendirikan tenda di tempat yang telah dibagi oleh panitia. Pukul 13.30 delegasi ishoma & pukul 14.05 perkenalan oleh orang-orang Basarnas. Merekalah yang akan menemani para delegasi selama Jamnas. Pukul 14.30, delegasi diberikan materi untuk Jamnas oleh Basarnas. Materi Jamnas terdiri atas 3 materi yaitu ESAR, vertical rescue & water rescue. Pemberian materinya sama dengan skill lab kemarin, yaitu secara rolling. Pukul 17.30 delegasi ishoma hingga pukul 18.45, lalu materi dilanjutkan hingg a pukul 19.45. Setelah materi, seluruh delegasi berkumpul untuk diberikan pengarahan kembali oleh panitia tentang kegiatan esok hari. Pukul 20.30 delegasi beristirahat sejenak.  Pukul 21.30, TBM Calcaneus melakukan briefing untuk membahas kegiatan besok. Lalu pada pukul 22.30 tiap-tiap kelompok briefing untuk membicarakan persembahan mereka untuk malam keakraban besok. Namun karena kegiatan esok hari cukup padat, maka panitia menyarankan untuk seluruh delegasi agar segera beristirahat, supaya kegiatan besok bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, pada pukul 23.00 delegasi beristirahat.

Pada tanggal 27 Juli 2011, pukul 05.00 delegasi dibangunkan oleh panitia untuk sholat & berolahraga. Kegiatan olahraga ini bertujuan agar badan delegasi tidak kaku ketika melakukan kegiatan jamnas hari ini. Namun tidak semua delegasi ikut berolahraga. Ada beberapa yang masih tertidur di dalam tenda & ada juga beberapa yang sedang mengantri toilet. Yahh..wajar saja, jumlah peserta yang 150 lebih, sementara WC yang bisa digunakan hanya ada 2. Lalu pada pukul 06.40 delegasi sarapan & mandi. Pukul 08.15, dimulailah simulasi materi yang telah diberikan kemarin. Simulasi dibagi menjadi 2 kelompok besar. Kelompok I yang terdiri dari kelompok 1 sampai kelompok 4 yaitu materi vertical rescue, sedangkan kelompok II yang terdiri dari kelompok 5 sampai kelompok 8 yaitu water rescue. Pada materi vertical rescue, delegasi diajarkan untuk rappeling dinding, rappeling bebas & teknik evakuasi korban dari tempat ketinggian. Sedangkan pada materi water rescue, delegasi diajarkan teknik mengevakuasi di air dengan menggunakan ringbouy, flexiblebouy, dan rubber boat. Pukul 11.50, delegasi ishoma.  Lalu pada pukul 13.30 kelompok I simulasi materi water rescue sedangkan kelompok II simulasi materi vertical rescue. Pukul 17.00 delegasi diberi kesempatan untuk membersihkan diri sekaligus ishoma. Setelah itu, pukul 19.00 adalah acara malam keakraban. Tujuan dari acara ini adalah agar delegasi bisa saling mengakrabkan diri satu sama lain, termasuk juga dengan panitia. Malam keakraban diisi dengan pembakaran api unggun, makan-makan jagung, & penampilan dari tiap kelompok. Ada kelompok yang mempersembahkan nyanyian, drama, puisi, bahkan ada yang merangkaikan semuanya. Acaranya berlangsung meriah & tak terasa acara berlangsung selama 3 jam. Setelah acara ditutup oleh pantia, pukul 22.00 delegasi beristirahat.

Pada tanggal 28 Juli 2011, delegasi dibangunkan oleh panitia untuk sholat & olahraga. Sama seperti hari sebelumnya, ada beberapa delegasi yang tetap tidur di dalam tenda, juga ada delegasi yang tampak sibuk mengantri toilet. Lalu pada pukul 07.00 delegasi sarapan & bersiap-siap untuk simulasi materi ESAR. Pukul 08.00 simulasi materi ESAR dimulai. Lokasinya di hutan sekitar Bendungan Palasari. Pada simulasi kali ini masing-masing kelompok diharapkan bisa menemukan korban yang tersesat di dalam hutan dengan menggunakan ilmu penunjang yang telah diajarkan yaitu navigasi darat. Namun pada saat di lokasi, waktu yang telah diagendakan tidak sesuai dengan pelaksanaannya. Jalan yang telah ditentukan sebelumnya terpaksa diganti dengan jalur yang lain karena jalan tersebut cukup berbahaya untuk dilalui. Pada sesi pertama, tidak satu pun kelompok yang berhasil menemukan korban, karena salah membidik arah. Namun setelah diarahkan oleh tim dari Basarnas, akhirnya seluruh kelompok berhasil menemukan korban. Tidak hanya dievakuasi, sebelumnya korban harus diberikan penanganan terlebih dahulu sesuai dengan kondisi korban ditemukan. Setelah dievakuasi, seluruh kelompok dikumpulkan di suatu tempat untuk dilakukan evaluasi. Namun karena waktu yang membatasi, evaluasi pun batal dilakukan.

Pukul 16.15 seluruh delegasi kembali ke camp. Pukul 16.45 delegasi tiba di camp & diberi kesempatan untuk ishoma. Lalu pada pukul 17.15 dilakukanlah simulasi akbar. Pada simulasi ini, tidak semua delegasi diikutsertakan. Hanya diwakili oleh 8 orang yang berperan sebagai tim medis yang standby di ambulance & 16 orang yang berperan sebagai rescuer. Simulasi berjalan lancar & ilmu yang diberikan bisa diaplikasikan oleh delegasi. Simulasi akbar selesai pada pukul 18.00 & delegasi pun diberi kesempatan untuk membersihkan diri sekaligus ishoma. Pukul 19.00 panitia meminta untuk seluruh kelompok agar membongkar tendanya karena esok dini hari seluruh delegasi akan berangkat untuk city tour. Seluruh kelompok pun membongkar tenda. Pukul 21.00, ketua PTBMMKI yang baru yaitu M.Budiman  meminta kepada seluruh delegasi untuk berkumpul & membicarakan tentang PTBMMKI ke depannya. Namun agar rapat tersebut lebih kondusif, maka Bang Boboy meminta untuk rapat per wilayah saja, dipimpin oleh masing-masing korwil. Dalam rapat wilayah, dibicarakan tentang program kerja ke depan. Pukul 22.15, seluruh delegasi beristirahat.

Pada tanggal 29 Juli 2011, delegasi dibangunkan lebih awal dari hari-hari sebelumnya yaitu pukul 04.00, karena hari ini adalah agenda untuk city tour sekaligus untuk packing-packing barang kelompok yang telah dikumpulkan ketika registrasi di penginapan. Pukul 06.30 city tour dimulai. Tujuan pertama yaitu toko oleh-oleh khas Bali yaitu Krisna. Di toko tersebut dijual berbagai macam barang yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti gantungan kunci, sendal, sepatu, tas, sarung bali, celana bali, baju kaos, ukir-ukiran, patung-patung, dan sebagainya. Ada juga makanan khas Bali seperti dodol salak, dodol pisang, kacang disco, keripik nangka & sebagainya. Pukul 11.45 delegasi meninggalkan Krisna, namun sebelumnya delegasi makan siang dengan makanan yang telah disiapkan oleh panitia, lalu bersiap-siap untuk melaksanakan sholat Jumat (bagi delegasi cowok yang Muslim). City tour dilanjutkan pada pukul 13.50 dengan tujuan ke GWK. Di GWK, delegasi disuguhkan dengan patung Garuda yang sangat besar, juga berabagai patung dewa-dewa Bali. Delegasi memanfaatkan tempat ini untuk berfoto-foto. Ada juga beberapa delegasi yang membeli oleh-oleh d GWK. Setelah puas berkeliling-keliling, pukul 16.50 delegasi beristirahat sekigus makan, lalu kembali ke penginapan. Pukul 18.30 delegasi tiba di penginapan & bersiap-siap untuk acara closing ceremony malam harinya. Pukul 19.30, seluruh delegasi berangkat ke Universitas Udayana yang menjadi tempat closing ceremony. Pukul 20.00 acara closing ceremony dimulai. Acaranya sungguh menarik. Ada tarian-tarian, band dari panitia, dance, tarian Bali yang mengajak beberapa delegasi untuk ikut menari, pembacaan nominasi, dan lain-lain. Seluruh delegasi menikmati closing ceremony. Namun, TBM Calcaneus & beberapa TBM lain tidak bisa mengikuti acara closing ceremony sampai selesai. Pukul 23.50, TBM Calcaneus kembali ke penginapan untuk packing barang. Lalu pada pukul 01.20, delegasi berangkat ke pelabuhan Padang bay.

Pada hari selasa, 20 September 2011 dilakukan presentasi hasil munas jamnas kepada anggota khususnya anggota muda.

This entry was posted in Berita, Berita dan Opini, Informasi TBMCalcaneus, Kegiatan, Seputar TBM Calcaneus. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>