Integrated Disaster Management Simulation JAMNAS XVII PTBMMKI

Simulasi manajemen bencana dilaksanakan pada tanggal 27-29 Juni 2013 bertempat di Bapelkes Makassar dan Lembah Ramma, kabupaten Gowa. Dalam pelaksanaannya delegasi di bagi menjadi 5 kelompok kemudian dilakukan simulasi terintegrasi mulai dari koordinasi internal PTBMMKI yang di simulasikan dengan menggunakan handie talkie. Di desa terakhir (Lembanna) dilakukan simulasi koordinasi dengan instansi kegawatdaruratan, hingga penurunan tim medis di lapangan.

Adapun materi-materi yang diaplikasikan dalam simulasi yaitu materi medis berupa penanganan kasus-kasus gangguan jalan napas, penanganan syok, penanganan hipotermi, penanganan fraktur dan dislokasi. Selain itu terdapat pula materi penunjang berupa teknik evakuasi, navigasi darat (penentuan titik korban di peta), komunikasi lapangan, dan rappelling.

IMG_0312

IMG_2234

IMG_0427

IMG_0433

IMG_2335

Di samping itu, juga diadakan flying fox di sekitar perkemahan, serta malam sharing untuk saling mengakrabann antar pesera dan panitia yang ikut dalam kegiaytan ini Walaupun seluruh peserta telah berjalan seharian, namun tidak mengurangi antusiasme dalam memeriahkan malam sharing tersebut.

tallung(foto bersama delegasi di puncak Tallung)

About tbm calcaneus