Calcaneus For Humanity untuk Bulukumba

Hari Jumat 25 Januari 2013 beberapa anggota dari TBM Calcaneus berangkat menuju Kab. Bulukumba untuk melakukan cek lokasi ke salah satu gunung yang ada di sana. Namun, dikabarkan bahwa telah terjadi angin puting beliung di ketiga dusun yang berada di Desa Kahaya Kec. Kindang Kab. Bulukumba. Maka dari itu, tim tersebut memutuskan untuk singgah di posko bencana  Desa Kahaya.

Tim di ujung aspal menuju Desa Kahaya

Tim kemudian bertemu dengan Kepala Desa Kahaya, beliau mengatakan bahwa telah terjadi angin puting beliung beberapa hari lalu yang menyebabkan sejumlah rumah mengalami kerusakan dan memaksa warga untuk mengungsi ke daerah yang tidak mengalami kerusakan akibat bencana ini. Satu hal yang diuntungkan yaitu tidak ada korban meninggal.

Tim telah tiba di Desa Kahaya

kerusakan rumah dan tanaman jagung

Kepala Desa Kahaya juga menambahkan bahwa angin puting beliung tersebut sudah menyebabkan  tanaman jagung dan kopi para warga rusak. Padahal sebagian warga desa tersebut menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Hal itu menyebabkan para warga mencari makanan di hutan yaitu umbi-umbian dsb. Susahnya untuk mengakses jalan dari ujung aspal ke Desa Kahaya disebabkan oleh banyaknya pohon tumbang dan harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan berjalan kaki.

Bantuan sudah banyak yang berdatangan, salah satunya dari SMK Terpadu Bulukumba. Sedangkan, TBM Calcaneus melalui program Calcaneus For Humanity seminggu lalu telah menyumbangkan sekitar 1,5 juta kemudian dipakai untuk membeli beras sebanyak 200 liter dan mie instan sebanyak 6 dos. Kemudian untuk bantuan kedua yang merupakan sumbangan sukarela masyarakat yang juga melalui program CFH, telah disumbangkan 2,3 juta dan dipakai untuk membeli beras sebanyak 3.800 kg beras. Sumbangan ini lebih mudah kami berikan kepada para korban karena salah satu anggota TBM Calcaneus yaitu dr. Sufandi Fahmi bertempat tinggal  di Bulukumba.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat yang telah menyalurkan bantuannya melalui program Calaneus For Humanity.

saat menyalurkan bantuan ke Kepala Dusun

dr.Sufandi Fahmi (kanan) saat menyalurkan bantuan kepada kepala Desa Kahaya (kiri)

About tbm calcaneus