Bakti Sosial JAMNAS XVII PTBMMKI

baksos

Bakti Sosial Jambore Nasional PTBMMKI dilaksanakan di SMA 4 Bantimurung Kabupaten Maros pada hari Rabu, 26 Juni 2013. Baksos ini memiliki 4 item kegiatan, yaitu sirkumsisi, pemeriksaan kesehatan, donor darah, dan penyuluhan kesehatan. Sebelumnya, delegasi telah diberi pembekalan sirkumsisi pada Selasa, 25 Juni 2013 di Aula Bengo-bengo oleh dokter penanggung jawab sirkumsisi yaitu dr. Nurwahyudi. Safnizal, S.Ked, bertanggng jawab sebagai Operational Manager Baksos Jamnas XVII.

sirkum

(sirkumsisi)

pemkes

(pemeriksaan kesehatan)

penyuluhan

(penyuluhan)

delegasi baksos

Adapun delegasi yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 87 orang. Dalam pelaksanaan sirkumsisi, delegasi menjadi asisteren 1 atau asisteren 2, namun adapula yang sudah mampu bertindak sendiri sebagai operator.  Jumlah pasien yang disirkum sebanyak 127 orang dan pasien pemeriksaan kesehatan sebanyak 61 orang.

Keempat item acara berlangsung secara simultan, sehingga delegasi di beri shift kapan ia mengikuti sirkumsisi, pemkes atau penyuluhan. Setelah waktu ishoma,  barulah terdapat pergantian shift.

Setelah baksos berakhir, delegasi menikmati keindahan alam di Taman Wisata Bantimurung.  Kemudian kembali menuju Makassar untuk makan malam di Coto Gagak dan wisata malam di Pantai Losari. Dalam perjalanan menuju Makassar, delegasi sempat mengunjungi Mesjid Raya Maros untuk sholat magrib.

delegasi di bantimurung delegasi di air terjun

(delegasi di Taman Wisata Bantimurung)

About tbm calcaneus