Anggota TBM Calcaneus Magang IRD di Lima Rumah Sakit

pamflet magang ird 2013 copy

MAKASSAR – Dalam upaya peningkatan kualitas anggota, Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menyelenggarakan suatu kegiatan bernama magang IRD (Instalasi Rawat Darurat). “Magang IRD merupakan program kerja rutin dari Divisi Pendidikan dan Latihan (Diklat) TBM Calcaneus yang diadakan sebagai wadah aplikasi anggota khususnya dalam bidang kegawatdaruratan medis,” jelas David J. Pasireron, Koordinator Divisi Diklat 2013-2014. Tahun ini kami bekerjasama dengan lima rumah sakit di Makassar, diantaranya RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo, RSU Labuang Baji, RSU Salewangan Maros, RS Kepolisian Bhayangkara, dan RS Ibnu Sina. Angkatan termuda TBM Calcaneus menjadi peserta dari kegiatan ini.

Sebelum memasuki siklus magang di rumah sakit, peserta dibekali materi-materi kegawatdaruratan lengkap dengan pembahasan kasus dan praktikum. Materi tersebut meliputi Kegiatan Pra-Magang ini mendapat bimbingan langsung dari anggota luar biasa TBM Calcaneus yang telah mendapat gelar dokter. Pra-Magang dilaksanakan dari tanggal 4-6 September 2013.

image(K2)

                                                                                             Peserta mengikuti OK CITO cystotomi
                                                                                                 RSU Wahidin Sudirohusodo (8/9)

image(3)

Magang IRD dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 September dan 13 – 15 September. “Magang IRD itu asyik dan menarik. Banyak pelajaran yang didapat dari kasus-kasus yang ditangani di IRD. Kemarin saya magang di RS Labuang Baji, luka robek di pelipis menjadi salah satu kasus tadi malam. Melihat dunia kedokteran yang sesungguhnya lebih awal!”, jelas Arifah, salah satu peserta magang. Setelah siklus selesai, peserta akan mengikuti evaluasi berupa presentasi kasus perkelompok siklus magang.

About tbm calcaneus